Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Menabung ialah perlakuan paling mendasar dalam mengatur keuangan pribadi terutama bagi remaja, bukan hanya itu menabung bisa juga menolong kita terbebas dari sikap hidup boros. Terlebih bila hasil upah yang kamu terima tiap bulannya ditata berdasar keperluan dan bukan lantaran kemauan. Setiap orang memang berasa kesusahan mengelola keuangan karena perlakuan konsumtif yang terlalu berlebih tanpa menimbang keuangan yang dimilikinya. 

Kemungkinan beberapa orang berpikiran mengelola keuangan secara individu itu benar-benar susah dilaksanakan karena hal itu cuma dapat dilaksanakan jika mempunyai upah atau pendapatan yang tinggi. Sudah pasti tidak, walaupun dengan pendapatan kecil atau sesuai pasan rupanya jumlahnya uang sekecil apa saja jika bijak ditata sudah pasti dapat dikendalikan secara baik supaya pengeluaran lebih kecil dari penghasilan. Maka dari itu kita harus mengatur keuangan pribadi walaupun dengan gaji yang kecil.

Ada beragam jenis langkah mengelola keuangan pribadi yang dapat kamu kerjakan. Maka dari itu kesempatan ini, kami akan memberi sedikit panduan mengenai langkah atur uang kamu supaya tidak kebuang dengan sia-sia untuk hal yang tidak begitu penting.

Berikut 10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros Untuk Masa Depan

Langkah mengatur keuangan pribadi harus dilakukan sedini mungkin atau dapat dilaksanakan buat kamu yang mempunyai masa datang masih panjang apalagi dijenjang remaja. Dengan mengelola keuangan pribadi, kamu dapat mempunyai tabungan uang yang bermanfaat untuk kepentingan kamu. Berikut ialah beberapa cara atur uang yang dapat kamu kerjakan.

1. Sisihkan Dengan Menabung


10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Menabung itu ialah kunci khusus dalam mengelola keuangan, dan ini harus dilaksanakan sebagai gagasan awalnya saat terima pendapatan atau upah tiap bulannya. Utamakanlah untuk menyisihkan pendapatan untuk ditabung pada awal bulannya. Dengan menabung keuangan pribadi masih tetap dapat termonitor secara baik dan ingat-ingatlah ke diri kita untuk jika menabung itu ialah keperluan tiap bulannya.

Menabung pasti menjadi sebuah jalan keluar tidak untuk menghambur-hamburkan uang kamu untuk beberapa hal yang seharusnya tak perlu dilaksanakan. Menabung dapat dengan memakai beberapa jenis sistem seperti menabung di bank, menabung dengan celengan, atau dapat dengan memercayakan uang ke orangtua. Apalagi saat kita masih remaja, banyak - banyaklah menabung.

Dengan menabung kamu dapat mempunyai simpanan uang yang setiap saat dapat kamu pakai jika sedang ada kepentingan. Menabung bisa juga bermanfaat untuk jamin kehidupan kamu pada hari tua nanti, jika kamu menabung dalam periode waktu lama.

2. Tidak boleh Lupa Investasi Untuk Masa Depan

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Cara mengatur keuangan pribadi remaja ke-2 yang umum dilaksanakan dengan lakukan investasi. Investasi ialah sebuah trend yang saat ini lebih banyak dilaksanakan oleh beberapa orang untuk mengurus keuangan mereka. Lakukan investasi bisa dilaksanakan dengan cara-cara seperti lakukan investasi saham.

Selainnya lakukan investasi berbentuk saham, kamu bisa juga lakukan investasi berbentuk emas yang mempunyai keunggulan harga yang tidak jatuh, hingga jika kamu lakukan investasi berbentuk emas akan sangat memberikan keuntungan untuk kepentingan periode panjang.

3. Membuat Catatan Pengeluaran

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Catatan keuangan individu ini penting sekali untuk menulis kemana sajakah uang yang itu dibelanjakan. Dengan menulis uang yang masuk dan uang untuk pengeluaran otomatis keuangan dapat termonitor secara baik. Janganlah sampai uang yang masuk dan keluar tidak terdaftar penggunaannya.

Supaya kamu bisa mengatur keuangan pribadi dengan baik, kamu bisa juga membuat catatan pengeluaran berbelanja atau keperluan yang lain pada suatu netbook atau kertas catatan yang lain. Hingga kamu dapat menyaksikan kisah pengeluaran uang kamu supaya tidak boros lakukan pengeluaran.

Membuat catatan bermanfaat untuk mengira-ngira pengeluaran yang hendak kamu perlukan untuk memenuhi tuntutan hidup kamu, hingga pengendalian keuangan akan jadi lebih terancang dan tidak alami bengkak pengeluaran yang tidak diperlukan.

4. Lunasi Utang Tepat Waktu dan Jauhi Utang

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Bila kamu masih mempunyai sebuah utang atau angsuran yang perlu dibayarkan tiap bulannya, seharusnya bayarlah angsuran atau utang kamu dengan tepat waktu pembayaran. Langkah mengelola keuangan individu ini mempunyai tujuan supaya kamu tidak mempunyai bunga karena terlambat lakukan pembayaran pelunasan pembayaran utang yang hendak memberatkan keuangan kamu.

Dalam mengatur keuangan pribadi agar tidak boros, kurangilah atau jangan sampai membuat pinjaman yang banyak.Hal ini dilakukan agar uang gajian kita tidak terkuras.

Bayar utang atau angsuran dengan tepat waktu mempunyai faedah berbentuk nilai plus dan dapat diperhitungkan kembali jika nanti kamu akan lakukan pinjaman uang kembali.

Bila tidak bayar cicilan dengan tepat waktu maka jadikan kamu mempunyai karakter konsumtif yang hendak selalu kesusahan mengelola keuangan. Disamping itu, sebaiknya untuk menghindar utang. Karena utang secara umum akan memberatkan ongkos pengeluaran makin lebam.

5. Mempersiapkan Dana Genting

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Adapun cara mengatur keuangan pribadi agar tidak boros seterusnya dengan mempersiapkan dana genting. Hampir serupa dengan kamu lakukan aktivitas menabung. Perbedaannya dana genting umumnya dibutuhkan dalam periode saat yang tidak pasti dan bukan sebuah simpanan dana yang hendak dipakai untuk kepentingan kamu yang akan datang.

Kamu dapat mempersiapkan dana genting memakai 2 buah rekening yang satu diantaranya berisi dana genting. Pinggirkanlah uang terima gaji kamu untuk isi rekening dana genting kamu, hingga dapat dipakai bila kamu membutuhkan dana secara mendadak.

6. Memakai Kartu Credit dengan Bijaksana

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Jangan lah kamu sering menggunakan kartu kredit dalam mengatur keuangan pribadi, apalagi dengan gaji yang kecil. Kartu credit mempermudah tiap orang mempunyai suatu hal dengan angsuran. Bila kamu mempunyai kartu ini, karena itu kamu harus memakainya secara arif. Bila tidak dapat memakai kartu credit secara arif karena itu kamu dapat mempunyai angsuran yang kebanyakan.

Apabila sudah demikian kamu akan kesusahan mengelola keuangan kamu karena banyak memiliki angsuran yang menyebabkan pengeluaran kamu tiap bulan akan terkuras untuk mencicil angsuran kamu itu . Maka ariflah dalam memakai kartu credit supaya tidak mempunyai angsuran yang menimbun.

7. Tulislah Penghasilan dan Pengeluaran

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros

Seringkali dari mayoritas kita meremehkan akan ini. Walau sebenarnya ini sebagai langkah mengatur keuangan pribadi agar tidak boros yang paling simpel sekali untuk dilaksanakan. Bagaimana beberapa langkahnya?

Mulai dari saat Kamu terima gaji, coba untuk menulis berapa besar penghasilan dari upah dasar atau penghasilan yang ada. Selanjutnya, bikinlah pos-pos pengeluaran untuk 1 bulan kedepan. Pembukuan simpel ini bisa Kamu menjadikan referensi untuk atur pengeluaran bulanan.

Janganlah lupa untuk mengikutkan pos-pos pengeluaran dengan detil. Misalkan, untuk kepentingan pulsa, transportasi, ongkos internet, listrik, ongkos tempat tinggi, tabungan dan lain-lain. Dalam aktualisasinya, jauhi pengeluaran di luar bujet yang sudah diputuskan.

8. Bedakan Di antara Keperluan dengan Kemauan

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Panduan cara mengatur keuangan pribadi yang baik selanjutnya yaitu harus bisa membandingkan yang mana jadi keperluan dan yang mana jadi kemauan.

Keperluan yang diartikan ialah tuntutan hidup atau harian yang tidak bisa diundur. Seperti ongkos makan, transportasi, bayar listrik dan lain-lain. Dan kemauan terkait kuat dengan pola hidup. Misalkan beli ponsel baru, shopping pakaian baru dan lain-lain.

Memberikan kepuasan diri kita kadang perlu dilaksanakan, tetapi seharusnya masih tetap termonitor dengan mengelola keuangan individu.

9. Mempersiapkan Dana Pensiun Untuk Masa Depan

10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros


Langkah selanjutnya dalam mengatur keuangan pribadi yang baik ialah mempersiapkan dana pensiun. Dana pensiun ditujukan untuk kamu yang bekerja dalam suatu lembaga pemerintahan atau kamu yang disebut karyawan masih tetap pada suatu perusahaan. Kamu dapat mempersiapkan rencana dana pensiun diawali dari usia 30 tahun ke atas.

Umumnya orang akan capai periode bakti paling akhir di usia 55 tahun. Hingga dalam waktu 25 tahun kamu telah mempunyai tabungan dana yang cukup buat jamin kehidupan periode tua kamu. Dengan menyelipkan upah bulanan kamu untuk jadi penyiapan dana pensiun.

10. Pastikan beli sesuai harga yang pas

Langkah mengatur keuangan pribadi dengan gaji yang kecil yaitu dengan membeli barang dengan harga yang ramah dikantong atau pas dikantong. Anda bisa manfaatkan dan memperoleh penawaran terbaik bila Anda ingin memperbandingkan penawaran dan harga- harga produk yang ingin Anda membeli. Dengan panduan simpel ini, karena itu dapat ditegaskan Anda cuma bayar harga paling rendah antara penawaran yang lebih kurang sama. Tidak boleh malu, mencari potongan harga, coupon, dan alternative yang tambah murah kapan saja Anda bisa.


Itulah cara-cara yang bisa kamu kerjakan untuk tekan pengeluaran keuangan kamu, supaya lebih berguna dan bisa bermanfaat untuk beberapa hal yang lebih bagus, dengan memakai rencana mengatur keuangan pribadi, mengatur keuangan pribadi bagi remaja dan mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.

Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Boros"